Resep Masakan Opor Ayam Bumbu Kuning Lezat

Pembahasan kali ini masih tentang cara mengolah daging ayam yaitu membuat opor ayam. Memang bahan dasar yang satu ini (ayam) selain harganya yang terjangkau oleh kantong bila dibandingkan dengan daging sapi. Bahan dasar yang satu ini bisa untuk dikreasikan menjadi berbagi menu makanan. Dan tentunya makan yang satu ini menjadi menu favorit bagi keluarga Indonesia karena rasanya yang lezat. Para ibu-ibu rumah tanggapun menggemari bahan dasar yang satu ini karena selain mudah dalam pegolahannya dan dapat menyajikan menu masakan yang istimewa untuk keluarganya.  Ada 3 tahapan yang harus dilakukan dalam membuat opor ayam ini, yakni mempersiapkan bumbu-bumbunya sesuai dengan takaran yang telah ditentukan, mengolah bumbu halus untuk kuahnya, dan terakhir melakukan proses masaknya hingga selesai dan bisa dihidangkan untuk tamu maupun keluarga.
Resep Masakan Opor Ayam Bumbu Kuning Lezat

Resep Masakan Opor Ayam Bumbu Kuning Lezat - Pembahasan kali ini masih tentang cara mengolah daging ayam yaitu membuat opor ayam. Memang bahan dasar yang satu ini (ayam) selain harganya yang terjangkau oleh kantong bila dibandingkan dengan daging sapi. Bahan dasar yang satu ini bisa untuk dikreasikan menjadi berbagi menu makanan. Dan tentunya makan yang satu ini menjadi menu favorit bagi keluarga Indonesia karena rasanya yang lezat. Para ibu-ibu rumah tanggapun menggemari bahan dasar yang satu ini karena selain mudah dalam pegolahannya dan dapat menyajikan menu masakan yang istimewa untuk keluarganya.

Ada 3 tahapan yang harus dilakukan dalam membuat opor ayam ini, yakni mempersiapkan bumbu-bumbunya sesuai dengan takaran yang telah ditentukan, mengolah bumbu halus untuk kuahnya, dan terakhir melakukan proses masaknya hingga selesai dan bisa dihidangkan untuk tamu maupun keluarga.

Bahan Opor Ayam :

  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera
  • 2 lembar daun salam kering
  • 4 lembar daun jeruk, bersihkan dan buang tulang daunnya
  • 2 batang serai, buang daunnya dan ambil putihnya, lalu memarkan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh minyak untuk bahan menumis
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1.000 ml santan yang dihasilkan dari 1 buah kelapa
Untuk ayam besar yang digunakan bisa dipotong dengan cara dibelah 2 dulu dan setelah itu masing-masing bagian dipotong menjadi 8. Sedangkan untuk mericanya anda bisa menumbuk sendiri yang masih dalam bentuk biji atau menggunakan yang bentuk sachet yang memang dari merica asli, bukan yang palsu yang sekarang ini banyak dioplos dari merica yang terbuat dari semen.

Bumbu Halus Opor Ayam :

  • 4 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri yang disangrai
  • 1/4 sendok teh jinten
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 5 cm kunyit yang telah dibakar
Aroma dan wangi dari opor ayam kuning yang dibuat sangat dipengaruhi oleh penggunaan ketumbarnya. Usahakan jangan dimasak terlalu lama, dan bila kurang puas bisa ditambahkan sedikit lagi asalkan tidak berlebihan dan malah membuat rasanya terlalu keras.

Cara memasak opor ayam kuning :

Berikut adalah langkah dalam memasak opor dengan menggunakan bahan dan bumbu di atas. Simple sekali jika bahan halusnya sudah diolah terlebih dahulu karena tinggal dimasak bersama bahan campuran yang tidak dihaluskan.
  1. Tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, dan juga serai hingga terasa harum.
  2. Kemudian masukkan ayam yang telah dipotong-potong dan dicuci bersih. Aduk sampai dagingnya terlihat berubah warna.
  3. Masukkan garam dan juga merica lalu aduk hingga rata.
  4. Berikutnya tinggal tuang santan sedikit demi sedikit. Masak sambil diaduk beberapa menit, lalu biarkan sebentar hingga kuah terlihat berkurang dan mengental serta daging terlihat matang hingga ke tulangnya.
  5. Terakhir angkat dan hidangkan selagi masih hangat dengan lontong, ketupat atau pun nasih putih yang masih hangat.

Catata :

  • Pastikan saat mengecek, apakah ayam sudah matang atau tidak, dagingnya terlihat mudah lepas dari tulangnya. Dan cicipi juga apakah rasa dari kuahnya sudah pas. Itu pula sebabnya saat pertama kali memberi garam dan petsin jangan terlalu banyak dulu, dengan pertimbangan bahwa nanti kuahnya akan menyusut.
  • Mengenai kekentalan kuahnya sebenarnya setiap orang punya selera sendiri, ada yang lebih senang kalau ayamnya terlihat hingga tenggelam dalam kuahnya dan ada juga yang hanya menyisakan sedikit saja kuahnya, katanya biar lebih sedap.

Tips Cara Membuat Opor Ayam yang Enak :

  • Pernyataan ini kami kutip dari salah satu juri memasak dari salah satu program TV audisi memesak, yaitu MasterChef Indonesia. Nah berikut beberapa tips yang diberikan Chef Arnold dalam menghasilkan sajian opor ayam yang lezat dan enak dilidah maupun di pandang mata penikmatnya.
  • Kata beliau bahwa untuk bisa menghasilkan masakan opor ayam yang masaknya sempurna tapi tidak membuat ayamnya hancur maka yang harus diperhatikan adalah pada teknik memasanya, perpaduan dari bumbu-bumbu yang digunakan dan juga masalah besarnya api yang digunakan saat memasak, karena jika tidak, hasilnya tidak akan sempurna sebagaimana yang diharapkan.
  • Lanjut beliau menjelaskan bahwa sebaiknya ayamnya jangan di-presto agar tidak hancur. Dan mengenai bumbunya maka masaknya tidak usah buru-buru, gunakan api kecil jika ingin rasanya enak, ungkap beliau. Dan pastikan juga semua rempah-rempah yang digunakan termasak dengan sempurna, karena jika sudah begitu pasti rasanya akan enak.
  • Selain yang disebutkan di atas, yang terpenting juga katanya bahwa waktu memasak juga sangat mempengaruhi hasil akhir dari resep opor ayam yang dibuat. Jika jenis ayam digunakan adalah ayam kampong maka sedapat mungkin dimasak agak lama dengan api kecil agar dagingnya bisa empuk dan enak saat digigit. Dan terakhir soal campuran bumbu putihnya, yakni ketumbarnya, jangan dimasak terlalu lama biar tidak anyep.
Cara buat lain : Jika anda tidak mau repot membuat bumbu halus opornya maka solusinya bisa membeli bumbunya yang sudah jadi, dalam hal ini ada 2 pilihan, yakni yang dalam bentuk sachet yang banyak dijual di Supermarket atau bisa juga dibeli di pasar tradisional di kios khusus yang menjual bumbu giling yang siap pakai, jadi bentuknya masih segar dan sama sekali tidak ada pengawetnya.

Itulah tadi Resep Masakan Opor Ayam Bumbu Kuning Lezat beserta tips membuatnya dari Resep Kita bersama. gimana ? apa kalian tertarik untuk membuatnya sendiri ?. Bagi kalian yang tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah saya ucapkan selamat mencoba.

Sumber Disini
Next Post Previous Post